SMA PANGUDI LUHUR II SERVASIUS BEKASI
SMA Pangudi Luhur II Servasius - Jl. Kampung Sawah Bekasi 17431 - Indonesia  Telp. (021) 84593324/25 Fax. (021) 84593326
Jumat, 24 November 2017  - 2 User Online  
BERANDABUKU TAMUHUBUNGI KAMI 



PROFIL
KURIKULUM DAN PROGRAM PENDIDIKAN SMA PL II SERVASIUS BEKASI

Pola Interaksi Belajar Mengajar

Mengintegrasikan tata nilai yang dicanangkan dan diperjuangkan oleh Tujuan Pendidikan Nasional, Sekolah – sekolah Katolik, Yayasan Pangudi Luhur, dan secara khusus SMA Pangudi Luhur II Servasius, semua mengarah pada pertumbuhan dan perkembangan pribadi manusia yang utuh dan optimal. Berpedoman pada landasan dan semangat dasar, Komunitas SMA Pangudi Luhur II Servasius ingin menciptakan sebuah komunitas dialogis. Komunitas yang dijiwai dan disemangati sikap saling percaya, saling mengampuni, cinta kasih, kreatif dan kritis, semangat untuk lebih berprestasi, serta keberanian untuk bertanya dan berpendapat dalam semangat muda. Pendekatan pribadi atau pendidikan berpusat pada subyek didik menekankan pelayanan dan pendampingan yang dinampakkan pada:

  1. Posisi Pendamping sebagai pendamping, pengajar, fasilitator, dan siswa sebagai subjek didik / pendidikan.
  2. Terciptanya suasana komunitas persaudaraan maka sebutan untuk siswa – siswi yang paling tepat adalah saudara dan saudari.
  3. Masing – masing pribadi menampakkan kewibawaanya yaitu dengan kematangan berfikir, berperasaan, bersikap serta mengembangkan kekhasan bakatnya. Metode pendampingan peserta didik sesuai dengan perkembangan dan tuntutan jaman, yang disemangati oleh iman Kristiani dan budaya setempat (Betawi).


1. Pelaksanaan Proses Belajar Mengajar
Pola interaksi belajar mengajar pendamping dan siswa SMA Pangudi Luhur II Servasius adalah sebagai berikut :

  • Pola Pendamping Siswa. Isi pengarahannya adalah : memberi informasi, memberi tugas, memotivasi, membangun apersepsi, memberi umpan balik, membina disiplin kelas untuk kelompok kerja tertentu dan lain – lain.
  • Pola Siswa Pendamping. Isi pengarahannya adalah : bertanya, mengusulkan sesuatu, meminta bantuan pendamping, berkonsultasi, melaporkan hasil kerja, mengoreksi informasi, menjawab pertanyaan pendamping, dan sebagainya.
  • Pola Siswa – Siswa. Isi kegiatannya : bertanya jawab, diskusi, adu argumen dalam debat, berdialog, tutor sebaya, pemecahan masalah, demonstrasi, eksperimen, inovasi dan sebagainya.


2. Susunan Program Pengajaran

Kurikulum Pemerintah
Mengacu pada kurikulum 2004 Pemerintah yang berlaku (KURIKULUM BERBASIS KOMPETENSI) dengan modifikasi oleh sekolah.

Pengembangan Kurikulum
Kurikulum Berbasis Kompetensi (2004)
Alokasi waktu yang disediakan menurut Pemerintah adalah 38 jam pelajaran per minggu. Satu jam pelajaran tatap muka dilaksanakan selama 45 menit. Kelas X (1) merupakan program bersama yang diikuti semua siswa (belum ada penjurusan)

Pengembangan Sekolah :
SMA Pangudi Luhur II Servasius mengalokasikan waktu 36 jam pelajaran per minggu menjadi 45 jam pelajaran per minggu. Perhari 9 jam pelajaran. Satu jam pelajaran tatap muka selama 45 menit. Perubahan 12 jam pelajaran per minggu dapat dilihat di bawah ini.

Kegiatan Intrakulikuler (Kelas 1 : Kurikulum 2004; Kelas 2,3 :
Kurikulum 1994 suplemen 1999) yang dikembangkan

Catatan :

  • Setiap jam pelajaran 45 menit diberlakukan mulai Senin – Jumat dari pukul 07.00 – 14.30 WIB
  • Praktek dilaboratorium (Biologi, Kimia, Fisika, dan Bahasa Inggris) terintegrasi dengan kegiatan ekstrakulikuler.



3. Petunjuk Proses Belajar Mengajar

  • Pelaksanaan kurikulum bertitik tolak pada KBM, penilaian dan pengembangan kurikulum.
  • Penyusunan program meliputi program tahunan, program semester, program harian (desain pembelajaran). Kegiatan belajar meliputi kegiatan Kurikuler, tugas dan ekstrakulikuler.
  • Menggunakan sistem semester dan mid semester. Pada akhir semester dilaksanakan ulangan umum.


4. Petunjuk Penilaian
Kurikulum

  • Kurikulum 1999

Pada kurikulum 1999 Suplemen sistem penilaian meliputi : penilaian proses, tugas,/penugasan, ulangan harian, ulangan umum, ujian akhir, khusus mata pelajaran PPKn, dan Pendidikan Agama terdapat nilai pengamatan. Karena sistem catur wulan diubah ke sistem semester, maka SMU Pangudi Luhur II Servasius menyelenggarakan mid semester.

  • Kurikulum 2004

Pada kurikulum 2004 sistem penilaian meliputi kemajuan dan hasil dalam ketuntasan penguasaan kompetensi, dalam bentuk ulangan harian dan penugasan. Karena pada kurikulum 2004 menggunakan pendekatan KBK. Rumus penilaiannya untuk SMA PL II Servasius Bekasi mengikuti Petunjuk Teknis dari Yayasan dan Diknas Pendidikan Kota, demikian juga dengan kriteria ketuntasan belajar.


Rumus Penilaian

  • Nilai Mid Semester

Hasil Mid Semester dilaporkan kepada orang tua / wali berupa Nilai murni ujian Mid Semester, yang dilengkapi dengan hasil ulangan harian dan tugas yang dibuat oleh Pendamping Bidang Studi masing – masing.

  • Nilai Raport

Untuk perhitungan nilai Raport dan Semester kurikulum 1994 Suplemen 1999 dan kurikulum 2004 pada aspek Kognitif, menggunakan cara yang sama yaitu :
+ Rumus Penilaian sebagai berikut
# Rapor
NH + MS + 2 NU
NR = 4

Keterangan
NR = Nilai Rapor
NH = Nilai Harian
MS = Nilai Mid Semester
NU = Nilai Ulangan Umum

Khusus mata pelajaran PPKn dan Pendidikan Agama nilai rapor diperoleh dengan rumus :
NH + MS + X + 2 NU
NR = 5

Keterangan :
NR = Nilai Rapor
NH = Nilai Harian
MS = Nilai Mid Semester
NU = Nilai Ulangan Umum

Nilai harian pada rumus tersebut diperoleh dengan rumus
sebagai berikut :
2A + B
NR = 3

Keterangan :
NH = Nilai Harian
A = Nilai Rata Rata Ulangan Harian
B = Nilai Rata Rata Tugas

Ketuntasan Belajar
Individual : 65 %
Klasikal : 85 %

Kriteria Belajar
Pada kurikulum 1994 seorang siswa dinyatakan naik kelas apabila memenuhi kriteria sebaai berikut :
+ Nilai pelajaran Pendidikan Agama tidak ada nilai yang kurang dari 6 (enam).
+ Tidak terdapat nilai 3 (tiga) atau kurang dari 3 (tiga).
+ Rata – rata nilai untuk semua mata pelajaran minimal 6,00 (enam koma nol nol)
+ Boleh ada 5 (lima) nilai kurang, asal bukan mata pelajaran Pendidikan Agama, dengan ketentuan sebagai berikut :
# Nilai 4 (empat) dihitung dua nilai kurang.
# Nilai 5 (lima) dihitung satu nilai kurang.

Pada Kurikulum 2004 suplemen seorang siswa dinyatakan naik kelas apabila memenuhi kriteria sebagai berikut :
+ Kenaikan kelas mempertimbangkan rapor semester 2
+ Memiliki SKBM kurang paling banyak 3 (tiga) mata pelajaran.

o Program Penjurusan
+ Program IPA
# Memenuhi syarat naik kelas.
# Fokus pelajaran prinsip – prinsip alam :
Matematika,fisika, kimia, biologi tidak mempunyai nilai SKBM kurang.
+ Program IPS
# Memenuhi syarat naik kelas.
# Fokus pelajaran prinsip – prinsip sosial / kemasyarakatan:
Ekonomi, sosiologi, sejarah, georafi tidak mempunyai nilai SKBM kurang.

Catatan
Aspek – aspek yang menjadi pertimbangan penjurusan : Minat dan bakat, test psikologi, pertimbangan BP, Nilai akademis.
Nilai SKBM yang ditetapkan untuk nilai pengetahuan dan Praktek .
Aspek minat siswa tetap menjadi pertimbangan.

Kriteria kelulusan/keberhasilan Ujian Nasional mengacu Surat dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Bekasi perihal Juknis Pelaksanaan Ujian Nasional dan akan selalu menyesuaikan dengan peraturan terakhir yang dikeluarkan oleh Diknas DIKBUD setiap kali menjelang ujian.

5. Pengembangan Program Ekstrakurikuler
Kegiatan ekstrakurikuler baik wajib maupun pilihan bertujuan untuk memperkaya cakrawala siswa dalam mengembangkan ketrampilan maupun pengayaan ilmu pengetahuan selain penyaluran hobby dan bakat untuk menghadapi masa depan yang lebih baik. SMU Pangudi Luhur II Servasius memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengembangkan diri melalui kegiatan ekstrakurikuler.



Ekstrakurikuler

  • Koor

Koor ini, diadakan sebagai jawaban atas realita kekhasan SMU Pangudi Luhur II Servasius sebagai sekolah dengan ciri khas Kristiani, untuk terlibat aktif dalam kegiatan pewartaan. Di samping itu, koor inti juga menjadi wahana mengembangkan kemampuan vokal (suara) bagi para peserta. Kegiatan ini tidak dipungut biaya.

Bahasa Mandarin
Ekstrakurikuler Bahasa Mandarin merupakan kegiatan pilihan yang tidak dipungut biaya. Kecuali jika Pendamping les memerlukan buku wajib.

  • Olah raga

Kegiatan pilihan ini menunjang peningkatan penguasaan dalam cabang olah raga tertentu sesuai dengan minat, hobby dan popularitasnya. Selain bertujuan untuk meningkatkan prestasi pada cabang olah raga tertentu kegiatan olah raga merupakan wadah penyaluran hobby dan minat peserta didik, baik secara perorangan maupun kelompok . SMU Pangudi Luhur II Servasius berusaha menyediakan sarana prasarana dan wadah/tempat tersebut, dengan model pendekatan yang bersifat mendidik untuk peningkatan prestasi.

  • Teater

Kegiatan ini menunjang peningkatan penguasaan dalam bidang seni.

  • Pengayaan dan Peningkatan Penguasaan Bahan

Kegiatan ini merupakan kegiatan tambahan jam pelajaran yang diadakan pada sore hari (seperti kegiatan ekstrakurikuler) terutama pada mata pelajaran mata pelajaran yang menurut pandangan umum merupakan penentu kualitas akademis. Mata pelajaran tersebut antara lain : Fisika, Biologi, Kimia, Matematika, Bahasa Inggris.

Kegiatan ini bertujuan membantu siswa untuk lebih menguasai bahan yang diajarkan di kelas dan dari referensi lain, sehingga dapat meningkatkan prestasi akademis sekolah. Dengan keseriusan dan kesadaran penuh diharapkan kegiatan ini tidak mengurangi keseriusan dan ketekunan KBM pada pagi hari.


Kurikulum Khas SMA Pangudi Luhur II Servasius

a. Sidang Akademi
Sidang akademi adalah pelajaran untuk melatih siswa berpikir kritis, logis, melatih berbicara di depan umum, menyampaikan gagasan, dan berargumentasi secara ilmiah. Pelajaran ini dilaksanakan seminggu sekali selama jam pelajaran. Dalam pelajaran ini siswa diwajibkan membuat makalah (sederhana) untuk dipertahankan di hadapan teman – teman sekelas atau lain kelas. Di sinilah anak dilatih berbicara logis dan ilmiah di hadapan teman dan pendamping.


b. Pentas seni
Pentas seni adalah ajang kreatifitas siswa dalam bidang seni. Kegiatan ini dilaksanakan satu bulan sekali secara bergilir per angkatan kelas. Bentuknya berupa drama, musik dan lain – lain. Sedangkan siswa yang tidak mendapat giliran mengisi acaa menjadi penonton. Kegiatan ini sebagai bentuk pelatihan tampil di depan umum, melatih anak untuk menghargai karya orang lain.






^:^ : IP 54.198.221.13 : 1 ms   
SMA PANGUDI LUHUR II SERVASIUS BEKASI
 © 2017  http://smaplservasius-jkt.pangudiluhur.org/